Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples Menurut Para Ahli - Model pembelajaran kooperatif Examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan dua hal yang terdiri dari Examples non examples dari suatu definisi konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas. Sedangkan Non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas. Senada dengan pendapat Hamdani (2011:94) mengemukakaan bahwa Examples non examples adalah metode belajar yang mengguanakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan dengan kompetensi dasar. Dan Ngalimun (2012: 176) mengemukakan bahwa Examples non examples adalah persiapan gambar, diagaram, atau tabel sesuai bahan ajar dan kompetensi.
Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples Menurut Para Ahli |
"Examples non examples adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan gambar sebagai media atau alat peraga untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar kritis dan memecahkan permasalahan-permasalah yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Media gambar merupakan salah satu alat peraga untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa lebih termotivasi dalam belajar yang dapat mengembangkan pola pikirnya dari gambar yang disajikan oleh guru."
Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples
Dalam menerapakan model pembelajaran kooperatif Examples non examples pada proses pembelajaran guru harus menggunakan langkan-langkah pelaksanaan pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan efektif. Menerapakan model pembelajaran Examples non examples mempunyai langkah-langkahnya diantaranya Menurut Suprijono (2009:125), Hamdani (2011:95), Pada intinya langkah-langkah yang dikemukakan oleh mereka sama dengan pendapat yang dikemukakan oleh Huda (2013:235) yaitu bahwa model pembelajaran kooperatif Examples non examples adalah suatu metode dengan contoh yang terdapat dari kasus/gambar yang relevan dengan kompetensi dasar.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran sebagai berikut :
- Guru mempersiapakan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkanlewat OHP.
- Guru membentuk kelompok-kelompok yang maing-masing terdiri dari 2-3 siswa.
- Guru memberi petunjuk dan membari kesempatan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan dan atau menganalisis gambar .
- Mencatat hasil diskusi dari analisis gambar pada kertas.
- Memberi kesempatan bagi tiap kelompok untuk membacakan hasil diskusi.
- Berdasarkan komentar atau hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
- Penutup.
Kelebihan menggunakan model pembelajaran Examples non examples yaitu pembelajaran akan lebih jelas dan media gambar dapat membantu siswa lebih kritis dalam suatu kasus yang dapat dipertegas oleh pendapat Hamdani (2011:94), Suprijono (2009:125) dan Huda (2013: 236) pada intinya bahwa kelebihan model pembelajaran kooperatif Examples non examples yaitu:
- Siswa lebih kritis menganalisa gambar.
- Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
- Siswa diberi kesempatan untuk menggemukakan pendapatnya.
- Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
- Memakan waktu lama.
Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran Isu-Isu- Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iru, La dan La Ode. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Stretegi, dan Model-Model Pembelajaran. Kendari: Multi Presindo
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar