Wednesday, October 2, 2019

Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

  IAN       Wednesday, October 2, 2019

Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Program Tahunan merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan berdasarkan kurikulum 2013 merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Langkah-langkah perancangan Program Tahunan :
  1. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
  2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif. Hari-hari libur meliputi Jeda tengah semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun pelajaran, Hari libur keagamaan, Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, Hari libur khusus (kegiatan khusus satuan pendidikan).
  3. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
  4. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.
Dalam menyusun Program Tahunan, komponen yang harus ada sebagai berikut :
  • Identitas (muatan pelajaran, kelas, tahun pelajaran)
  • Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).
Dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan Program Tahunan, terdapat beragam alternatif format program tahunan. Dengan demikian guru memiliki kebebasan dalam menentukan format program tahunan. Format berikut ini, memberi kemudahan dalam penyusunan program tematik terpadu yang berorientasi kepada kepraktisan agar guru dapat membagi waktu satu tahun kegiatan pembelajaran efektif secara sistematis dan terukur, dengan contoh format sebagai berikut : http://j.gs/DGt1

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian postingan tentang Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

logoblog

Thanks for reading Perancangan Program Tahunan (Prota) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Previous
« Prev Post
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment