Monday, May 14, 2018

Model Pembelajaran Picture And Picture Menurut Para Ahli

  IAN       Monday, May 14, 2018

Model Pembelajaran Picture And Picture Menurut Para Ahli - Model pembelajaran Picture and Picture ini mengandalkan gambar sebagai media dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis dalam proses pembelajaran dan melalui cara seperti ini diharapkan siswa mampu berpikir dengan logis sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Hal tersebut sesuai dengan definisi yang diutarakan oleh Ngalimun (2014: 177) menegaskan bahwa Picture and Picture adalah sajian informasi kompetensi, sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa mengurutkan gambar sehingga sistematik, guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

Model Pembelajaran Picture And Picture Menurut Para Ahli
Model Pembelajaran Picture And Picture Menurut Para Ahli
Dalam hal ini perlu adanya pembelajaran kelompok agar pembelajaran menjadi bermakna. Hal ini didukung oleh Murniasih (2009: 44) Model pembelajaran kooperatif Picture and Picture termasuk bagian dari belajar kooperatif yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok kecil terdiri dari empat sampai enam orang.

Gambar dapat mengalihkan pengalaman belajar dari taraf belajar dengan lambang kata-kata ke taraf yang lebih konkrit (pengalaman langsung). Misalnya guru akan akan menjelaskan terjadinya letusan gunung berapi, maka pebelajar akan lebih mudah menangkap gambar dari pada uraian guru dengan kata-kata (Dale dikutip oleh Anitah, 2010:8).

Hal ini disampaikan oleh Tampubolon (2014: 93) bahwa model pembelajaran kooperatif Picture and Picture merupakan model dengan menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan yang logis.

Langkah-langkah Model Kooperatif Picture And Picture yang diutarakan oleh Hamdani (2011: 89) dan Tampubolon (2014:93) yang memiliki pendapat yang sama bahwa langkah-langkah Picture and Picture yaitu :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Menyajikan materi sebagai pengantar.
  3. Guru menunjuk atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan dengan materi.
  4. Guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
  5. Guru menanyakan alasan dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
  6. Dari alasan urutan gambar tersebut guru memulai menamakan konsep materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  7. Kesimpulan atau rangkuman.
Kelebihan dan Kekurangan Model Kooperatif Picture and Picture

Dalam model pembelajaran kooperatif Picture and Picture memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya yaitu guru lebih mengetahui kemampuan tiap-tiap siswa dan melatih berpikir logis dan sistematis.Sangat mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan, sehingga Siswa dibantu belajar berpikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam praktik berpikir. Adapun kekurangannya yaitu model ini memakan banyak waktu dan banyak siswa yang pasif.

Di setiap model pembelajaran tentu ada kelebihan dan kekurangannya, hal tersebut sesuai dengan definisi yang diutarakan oleh Anitah (2010:8) terdapat kelebihan dan kekurangan model Picture and Picture, Kelebihannya antara lain :
  1. Dapat menerjemahkan ide-ide abstrak ke dalam bentuk yang lebih nyata.
  2. Banyak tersedia dalam buku-buku.
  3. Sangat mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan.
  4. Relatif tidak mahal.
  5. Dapat dipakai untuk berbagai tingkat pelajaran dan bidang studi
Selain kelebihan, model Picture and Picture mempunyai kelemahannya antara lain :
  1. Kadang-kadang terlampau kecil untuk ditunjukkan di kelas yang besar.
  2. Gambar mati adalah gambar dua dimensi. Untuk menunjukkan dimensi yang ketiga (kedalaman benda), harus digunakan satu seri gambar dari objek yang sama tetapi dari sisi yang berbeda.
  3. Tidak dapat menunjukkan gerak.
DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Murniasih, Eri. 2009. 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semarang : PT. Sindur Press.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Aswada Pressindo.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

logoblog

Thanks for reading Model Pembelajaran Picture And Picture Menurut Para Ahli

Previous
« Prev Post
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment