Thursday, May 10, 2018

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

  IAN       Thursday, May 10, 2018

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif - Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu cara yang digunakan oleh seorang guru dalam pemberian materi, selain itu model pembelajaran juga dapat dijadikan aspek pendorong untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Hal tersebut sesuai dengan definisi yang digunakan oleh Sutardi (2007:58) pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan model dalam proses pembelajaran yang menggunakan kelompok kecil peserta didik untuk bekerja sama saling membantu dalam tugas-tugas pembelajaran dan menekankan kepada bantuan antara anggota kelompok daripada kompetisi perseorangan.

Dalam pembelajaran kooperatif harus dijadikan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Hal ini dikemukakan oleh Suprijono (2011:46) menyatakan bahwa model pembelajaran merupakan landasan para praktik pembelajaran hasil peniruan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi pada tingkat operasional dikelas. Model pembelajaran dapat diartikan pula sebagai pola yang digunakan untuk penyusun kurikulum, mengatur materi, memberi petunjuk pada guru di kelas. Selain itu model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran di kelas maupun tutorial.

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Model pembelajaran harus sesuai dengan materi pembelajaran dan situasi kelas yang diinginkan untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang maksimal, karena dalam penerapan model pembelajaran terdapat praktik-praktik belajar yang tersusun dan terarah. Sehingga guru dapat memilah dan memilih model pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan dalam materi pembelajaran yang ingin diberikan pada siswa.

Pembelajaran kooperatif menggunakan kelompok kecil dan setiap kelompok mempunyai tugas dan tanggung jawab pada kelompoknya. Sejalan dengan pendapat di atas Arihi, L.S dikutip oleh Iru (2012:47) pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dalam kelompok-kelompok kecil, dengan anggota kelompok 3-5 orang, yang dalam menyelesaikan tugas kelompoknya setiap anggota kelompok harus saling kerja sama dan saling membantu untuk memahami materi, sehingga setiap siswa selain mempunyai tanggung jawab individu, tanggung jawab berpasangan, juga mempunyai tanggung jawab dalam kelompok.

Kemudian Zakaria yang dikutip oleh Isjoni (2009:21) berpendapat bahwa model pembelajaran kooperatif dirancang bagi tujuan melibatkan pelajaran secara aktif dalam proses pembelajaran menelusuri perbincangan dengan rekan-rekan kelompok kecil, bertukar pendapat, memberi tanya jawab serta mewujudkan dan membina proses penyelesaian kepada suatu masalah.

Sejalan dengan pendapat diatas, Suyatno (2009:51) model pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri.

*Note: Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif saya kutip dari salah satu data dari skripsi ketika masih kuliah. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif.

DAFTAR PUSTAKA:

Iru La. 2012. Analisis penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, Dan Model-Model Pembelajaran. Bantul : Multi Presindo.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprijono, 2011. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta : Pustaka Belajar.
Sutardi, Didi. 2007. Pembaharuan Dalam PHB di SD. Bandung: UPI Press.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Busana Pustaka.

logoblog

Thanks for reading Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

Previous
« Prev Post
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment