Saturday, September 30, 2017

Pengertian Metode Pembelajaran

  IAN       Saturday, September 30, 2017

Ahmadi (1997: 52) mengemukakan bahwa” metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur”. Pengertian lain ialah tekhnik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok, agar pelajaran tersebut dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Semakin baik metode mengajar semakin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran.

Di dalam kenyataannya, cara atau metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap (kognitif, psikomotorik, dan afektif). Khusus metode mengajar di dalam kelas, efektifitas suatu metode dipengaruhi oleh faktor tujuan, siswa, situasi, dan faktor guru itu sendiri.

Metode mengajar sangat penting dalam proses pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam sebuah pembelajaran akan memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Ishak Abdulhak (2000: 51) menjelaskan sebagai berikut :

“Metode merupakan langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar. Oleh karena itu penetapan metode dalam kegiatan pembelajaran perlu disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketepatan pemilihan metode akan memperlihatkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran”.

Metode dalam pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh komponen ini. Bagaimana pun lengkap dan baiknya komponen lain tanpa dapat diimplementasikan melalui strategi atau metode yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran.

Ahmadi (1997:53) mengemukakan bahwa di dalam penggunaan suatu metode harus bisa memperhatikan syarat-syaratnya yaitu :

  1. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat membangkitkan motivasi, minat, atau gairah belajar siswa.
  2. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menjamin perkembangan kegiatan pribadi siswa.
  3. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karya.
  4. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi (pembaharuan).
  5. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mendidik siswa dalam dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.
  6. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat meniadakan penyajian yang bersifat verbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yang nyata dan bertujuan.
  7. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan.
Daftar Pustaka:
  • Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia
  • Abdulhak, Ishak. 2000. Metodelogi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung : CV. Andira

logoblog

Thanks for reading Pengertian Metode Pembelajaran

Previous
« Prev Post
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment