Komponen Pendekatan Pembelajaran Kontekstual - Konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari (Depdiknas, 2002).
PERAN GURU DAN SISWA
- Guru sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk dapat menemukan sendiri hal-hal yang seharusnya mereka temukan.
- Siswa memposisikan diri sebagai diri sendiri yang sedang mencari bekal untuk hidupnya nanti.
- Konstruktivisme (Consturtivism)
- Menemukan (Inquiry)
- Bertanya (Questioning)
- Masyarakat-Belajar (Learning Community)
- Pemodelan (Modeling)
- Refleksi (Reflection)
- Penilaian Otentik (Authentic assesment)
- Proyek/kegiatan dan laporannya
- Pekerjaan rumah
- Kuis
- Karya siswa
- Presentasi/penampilan siswa
- Demonstrasi
- Laporan
- Jurnal
- Hasil tes tulis
- Karya tulis